ANALISIS MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
Jak Lingko
Jak Lingko adalah suatu sistem transportasi yang terintegrasi baik
rute, manajemen, maupun pembayarannya. Tidak hanya melibatkan antarbus besar, medium, dan
kecil TransJakarta, integrasi ini juga melibatkan transportasi
berbasis rel yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, seperti MRT dan
LRT.
Nama Jak
Lingko sendiri diambil
dari dua makna kata, yaitu Jak yang berarti Jakarta dan Lingko diambil dari sistem persawahan tanah adat di
Manggarai, Nusa Tenggara Timur yang bermakna jejaring
atau integrasi .
Nama ini mencerminkan makna sistem
transportasi terintegrasi yang sedang dibangun di Ibu Kota.
Untuk mengintegrasikan moda
transportasi publik akan melibatkan banyak hal sehingga bukanlah perkara mudah, mulai dari integrasi fisik (integrasi antara halte dan stasiun) integrasi rute, integrasi jadwal, sampai integrasi pembayaran
dan data. Peran Jak Lingko akan fokus pada integrasi pembayaran dan data transportasinya.
Layanan Sistem Informasi Jak Lingko
Program JakLingko dipermudah dengan kehadiran
Aplikasi JakLingko. Dengan
mengusung konsep Mobily
as a Service (MaaS) sebagai layanan integrasi mobilitas tunggal, kini
Anda dapat menggunakan Transportasi Publik secara lebih praktis dan mudah. Dimana, sesuai dengan konsep
tersebut (MaaS), aplikasi JakLingko memudahkan pengguna untuk memantau,
merencanakan, memesan, dan membayar tiket dengan berbagai moda Transportasi melalui
satu aplikasi. Melalui aplikasi JakLingko, user dapat mengetahui rute tercepat
dan termurah yang ingin digunakan juga dapat menyesuaikan waktu perjalanan,
jadwal keberangkatan, dan moda transportasi publik yang dipilih sesuai
kebutuhannya.
Saat ini, aplikasi JakLingko telah
terintegrasi dengan berbagai moda seperti Transjakarta, MRT dan LRT yang bisa
digunakan dengan satu sistem pembayaran yang terintegrasi. Kehadiran aplikasi
ini semakin praktis karena akan menggunakan metode pembayaran elektronik
sehingga dapat mendukung upaya digitalisasi transportasi publik di Jakarta. PT
Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengadakan sosialisasi layanan
transportasi terintegrasi Jak Lingko bekerja sama dengan Motion Radio 97.5 FM yang dilaksanakan
pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di kawasan Sarinah, Jakarta. Generasi milenial merupakan
salahsatu target sosialisasi jak Lingko agar lebih tertarik menggunakan transportasi umum untuk menunjang
mobilitasnya. Hal ini dilakukan guna menarik minat masyarakat Jakarta agar
semakin mengenal Jak Lingko sebagai Layanan transportasi umum terintegrasi yang
mudah, aman, dan nyaman.
Penetapan tarif yang terbilang
murah pun, merupakan bentuk strategi untuk menarik minat masyarakat untuk menggunakan
transportasi umum.Metode tarif yang diterapkan terbilang
unik dan menguntungkan, karena cukup membayar Rp5.000 dalam tiga jam untuk
bertransportasi menggunakan transportasi berbasis jalan seperti BRT
Transjakarta, Metrotrans, Minitrans, dan Mikrotrans. Hal ini tentu akan lebih mudah dibandingkan melakukan pembayaran
konvensional yang terpisah di masing-masing moda.
Tampilan Website JakLingko :
Tampilan Aplikasi Mobile JakLingko :
User interface pada aplikasi Jak Lingko terbilang sudah cukup baik dan user
friendly, dimana pada menu home terdapat fitur untuk mencari moda transportasi
terdekat dengan kita, terdapat juga fitur peduliLindungi yang memudahkan
pengguna untuk melakukan scan QR Code pada saat memasuki stasiun maupun halte.
Terdapat pula fitur untuk membeli tiket, dengan hanya memilih titik
keberangkatan dan titik tujuan. Maka dari dua titik ini, aplikasi Jak Lingko akan
memberikan rekomendasi moda transportasi yang tersedia lengkap dengan tarif
yang dikenakan, estimasi kedatangan dan ketibaan di tempat tujuan. Sehingga dari
pilihan yang tersedia, pengguna dapat memilih moda transportasi yang akan
digunakan. Setelah itu, akan muncul QR Code yang bisa dipakai untuk pembayaran
semua moda transportasi yang dipilih.
Aplikasi Jak Lingko saat ini juga terdapat fitur commerce & payment,
yang menyediakan fasilitas untuk pembayaran listrik, BPJS, dan lain sebagainya.
Jak Lingko juga menyediakan fitur customer care yang dapat membantu customer
bila ada keluhan dan lain sebagainya. Pada aplikasi ini Jak Lingko sudah cukup
memberikan pelayanan yang cukup baik kepada pengguna.
Dalam menciptakan loyal customer dan juga meningkatkan penggunaan moda
transportasi umum di masyarakat, Jak Lingko terus melakukan inovasi-inovasi .
Seperti memberi penawaran diskon kafe dan restoran, dan juga tiket wisata lewat
aplikasi integrasi transportasi umum tersebut. Selain itu, dalam pengembangan
aplikasi JakLingko akan memasukkan infromasi sejarah, perkotaan, atau wisata
sesuai titik tujuan pengguna.
Referensi :
https://pingpoint.co.id/berita/sosialisasi-jak-lingko-layanan-transportasi-terintegrasi/
https://dishub.jakarta.go.id/naik-transportasi-publik-semakin-praktis-dengan-aplikasi-jaklingko-2/
https://smartcity.jakarta.go.id/blog/452/ke-mana-pun-di-jakarta-jadi-lebih-mudah-dengan-jak-lingko
https://www.itworks.id/38402/lebih-dekat-mengenal-jaklingko-dari-peran-hingga-inovasinya.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar