Selasa, 22 Maret 2022

ANALISIS MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI PADA PERUSAHAAN GOJEK




GO-JEK merupakan sebuah perusahaan transportasi ojek, dimana menyediakan jasa angkutan. Gojek didirikan pada tahun 2010 oleh Nadiem Makarim berdasarkan pengalaman pribadi nya pada saat menggunakan transportasi ojek. Gojek sudah tersedia di 50 kota di Indonesia, bahkan di negara lainnya juga. Gojek merupakan solusi yang tepat untuk mengirim barang, memesan makanan, berbelanja, dan juga berpergian karena gojek memiliki banyak fitur-fitur didalamnya sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sebagai contoh, fitur go-food untuk melakukan pemesanan makanan, atau fitur go-mart untuk berbelanja. Gojek saat ini, sangat mempermudah pekerjaan manusia sehari-hari nya.  

Information Technology Infrastructure Library (ITIL)

 

ITIL atau Information Technology Infrastructure Library merupakan sebuah rangkaian yang berkonsep dalam pengelolaan infrastruktur, pengembangan, dan operasi teknologi informasi (TI)  . ITIL merupakan sebuah rangkaian buku yang membahas tentang pengelolaan (TI). ITIL memberikan deskripsi detil tentang beberapa praktik (TI) penting berupa daftar cek, tugas, dan juga prosedur yang menyeluruh dimana dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi (TI).

ITIL dikembangkan pada tahun 1980-an , dan meluas penggunannya pada versi keduanya (ITIL v2) yaitu pada pertengahan 1990-an. Lalu, pada 30 Juni 2007, ITIL (ITIL v3) diterbitkan oleh OGC (Office of Government Commerce) yang terdiri dari lima bagian dan menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan yang disediakan oleh teknologi informasi. Kelima bagian tersebut adalah :

1.    Service Strategy

2.    Service Design

3.   Service Transition

4.    Service Operation

5.    Continual Service Improvement

 

Berikut adalah hasil analisis perusahaan Gojek berdasarkan kelima bagian dari ITIL (Information Technology Infrastructure Library) :


Service Strategy

Gojek memiliki berbagai macam strategi untuk menarik konsumen, salahsatu nya yaitu gojek menetapkan tarif yang cukup murah jika dibandingkan dengan tarif ojek pangkalan pada umumnya. Dengan tarif yang cukup murah ini, banyak orang yang tertarik untuk menggunakan gojek. Selan dari penetapan harga, gojek juga melakukan startegi dengan melakukan promosi dengan memanfaatkan teknologi saat ini, yaitu menggunakan media sosial, internet, radio, dan lain sebagainya. Selain itu, untuk menarik pelanggan lebih banyak lagi gojek menggunakan teknik cross sell and up sell yaitu dengan bekerja sama dengan para mitra perusahaan yang dapat memanfaatkan layanan gojek untuk perusahannya. Gojek juga menggunakan strategi untuk mempertahankan pelanggan agar dapat terus menggunakan layanan nya dengan cara menerima keluhan dan saran dari pelanggan agar dapat menciptakan loyal customer.

 

Service Design

Service design merupakan hasil tindakan dari strategi yang  dihasilkan pada tahap service strategy. User interface dalam aplikasi Gojek sudah sangat baik dengan beberapa fitur yang disediakan. Gojek menggunakan cloud server agar data dapat keluar masuk secara realtime, dengan storage yang besar serta menerapkan enskripsi agar data hanya dapat digunakan oleh yang berkepentingan saja. Gojek juga menyediakan metode pembayaran menggunakan Go-Pay, dimana merupakan metode pembayaran non-tunai sehingga dapat menjadi solusi bagi para pengguna bila tidak memegang uang tunai pada saat itu. Selain itu, terdapat fitur terbaru Go-Nearby yang sangat mempermudah pengguna. Go-Nearby menghubungkan pengguna dengan merchant Go-Food yang menerima pembayaran via Go-Pay yang terdekat  berdasarkan lokasi. Selain itu, Go-Jek juga memperkaya fitur baru yang ada di bawah naungan Go-Life. Di antaranya ada Go-FixGo-Laundry, dan Go-Daily. Kehadiran fitur tersebut semakin mempermudah pengguna dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari nya.

Service Transition

Dalam hal ini, gojek melakukan inovasi-inovasi baru dengan mengikuti perkembangan jaman dan memberikan kenyamanan kepada pengguna dengan adanya pembaharuan yang dibuat. Pada saat awal didirikan, gojek hanya lah sebuah pangkalan ojek berbasis online yang menggunakan sistem call center. Lalu, gojek berinovasi seiring berjalannya waktu, bertambah menjadi layanan pemesanan makanan dan pengiriman barang. Hingga sampai saat ini, fitur-fitur gojek semakin beragam dengan kegunaannya masing-masing yang sangat mempermudah masyarakat dalam kegiatan sehari-hari nya. Selain itu, Gojek menghubungkan seluruh cabang kedalam suatu jaringan untuk memudahkan koordinasi serta pertukaran informasi internal perusahaan. Gojek juga menyediakan informasi mengenai driver berupa nama, foto, kepada customer  untuk menciptakan kenyamanan dan kepercayaan  costumer sendiri.  


Service Operation

Pada tahap ini, dimana merupakan suatu tahapan operasional layanan TI sehari-hari . Dalam hal ini , kita dapat melihat apa saja yang menjadi kebutuhan Gojek bagi para pelanggan. Seperti, kebutuhan peralatan berupa motor, helm, dan jaket. Fitur chat yang dapat memudahkan komunikasi antara driver dengan customer. Lalu, pada pengiriman barang dengan Go-Send dipastikan driver memfoto barang sebagai bukti bahwa barang telah diantar dalam keadaan baik. Gojek juga menyediakan penilaian berupa rating bintang dari perjalanan, pemesanan, maupun pengiriman untuk menilai performa driver dan menyediakan ruang bagi para customer untuk memberikan review agar bila terdapat keluhan atau laporan bisa ditindak lanjuti oleh perusahaan gojek. Hal ini tentunya menjamin keamanan kepada customer Gojek . Selain itu, dalam hal kebutuhan aplikasi dibutuhkan username dan password pengguna untuk membuat akun Gojek.

Continual Service Improvement

Agar perusahaan mampu berjalan berkelanjutan, diperlukannya peningkatan dan pemeliharaan layanan. Dalam hal ini, konsumen memiliki peran besar untuk menilai dan memberikan rekomendasi layanan kepada orang lain. Sehingga, perlu dilakukan peningkatan kualitas layanan agar konsumen tetap terus mempercayai serta menggunakan layanan dengan setia. Riset perlu dilakukan oleh perusahaan untuk melihat apa yang menjadi dominan dari layanan itu sendiri. Seperti, selalu memperbaharui promo menarik pada Go-Food, bekerja sama dengan bank untuk memberikan cashback ataupun diskon untuk pelanggan Go-Jek.

 

Referensi : 

https://octavianuspratama.w ordpress.com/2019/05/22/contoh-perusahaan-yang-menggunakan-manajemen-layanan-sistem-informasi/

https://naufalnurihsanmlsi.blogspot.com/2019/03/analisa-teknologiinfrastruktur.html

http://anindahmn.blogspot.com/2018/04/5-domain-servis-strategi-manajemen.html

http://rizkibagjam.blogspot.com/2018/03/manajemen-layanan-sistem-informasi.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar